Wednesday, September 2, 2015

KOTA MALANG

"Beautiful Malang"
Bagi saya, City branding tersebut memang pantas untuk kota kecil yang kaya akan sejarah dan wisata ini. Kota Malang terletak di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini kecil namun sangat lengkap akan sejarah,budaya, dan wisata yang dimilikinya. Kota yang terkenal dengan bahasa kebalikan ini memiliki berbagai macam daya tarik untuk dikunjungi wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri.

aiynijuliana
©2011
Kota malang berdiri pada 1 April 1914 (ditetapkan sebagai kotapraja) dan baru tumbuh dan berkembang setelah hadirnya pemerintah kolonial Belanda. Fasilitas umum di rencanakan sedemikian rupa agar memenuhi kebutuhan keluarga Belanda. Kesan diskriminatif itu masih berbekas hingga sekarang. Misalnya Ijen Boulevard kawasan sekitarnya. hanya dinikmati oleh keluarga- keluarga Belanda dan Bangsa Eropa lainnya, sementara penduduk pribumi harus puas bertempat tinggal di pinggiran kota dengan fasilitas yang kurang memadai. Kawasan perumahan itu sekarang bagai monumen yang menyimpan misteri dan seringkali mengundang keluarga-keluarga Belanda yang pernah bermukim disana untuk bernostalgia.

Pada Tahun 1879, di Kota malang mulai beroperasi kereta api dan sejak itu Kota Malang berkembang dengan pesatnya. Berbagai kebutuhan masyarakatpun semakin meningkat terutama akan ruang gerak melakukan berbagai kegiatan. Akibatnya terjadilah perubahan tata guna tanah, daerah yang terbangun bermunculan tanpa terkendali. Perubahan fungsi lahan mengalami perubahan sangat pesat, seperti dari fungsi pertanian menjadi perumahan dan industri.

Urbanisasi terus berlangsung dan kebutuhan masyarakat akan perumahan meningkat di luar kemampuan pemerintah, sementara tingkat ekonomi urbanis sangat terbatas, yang selanjutnya akan berakibat timbulnya perumahan-perumahan liar yang pada umumnya berkembang di sekitar daerah perdagangan, di sepanjang jalur hijau, sekitar sungai, rel kereta api dan lahan-lahan yang dianggap tidak bertuan. Selang beberapa lama kemudian daerah itu menjadi perkampungan, dan degradasi kualitas lingkungan hidup mulai terjadi dengan segala dampak bawaannya. Gejala-gejala itu cenderung terus meningkat, dan sulit dibayangkan apa yang terjadi seandainya masalah itu diabaikan.

Suasana lingkungan kota malang yang asri, sejuk, dan indah ini memperkaya kesan nyaman di Kota Malang. Selain itu, kota kecil ini juga disebut sebagai "kota pendidikan" , dimana kota ini memiliki banyak sarana pendidikan mulai dari SD hingga Universitas. Hal ini diperlengkap dengan berbagai kemudahan akses transportasi dan juga biaya hidup yang cukup ekonomis.

Kekayaan etnik dan budaya yang dimiliki Kota Malang berpengaruh terhadap kesenian tradisonal yang ada. Salah satunya yang terkenal adalah Tari Topeng, namun kini semakin terkikis oleh kesenian modern. Gaya kesenian ini adalah wujud pertemuan gaya kesenian Jawa Tengahan (Solo, Yogya), Jawa Timur-Selatan (Ponorogo, Tulungagung, Blitar) dan gaya kesenian Blambangan (Pasuruan, Probolinggo, Situbondo, Banyuwangi).

Kota Malang selain dikenal sebagai kota pendidikan juga dikenal sebagai Kota Wisata, hal ini sangatlah didukung dengan suasana nyaman yang ada di Malang. Pilihan wisata di Malang pun cukup lengkap, mulai dari wahana air, wahana taman, wahana edukasi, hingga tempat wisata prasejarah seperti Candi, Museum,dsb. Wisata ini diperkaya dengan berbagai macam keunikan yang dimiliki kota malang. Misalnya, di bidang kuliner, kota malang sangat kaya akan berbagai macam kuliner, salah satu yang menjadi favorit dari kota ini adalah "BAKSO" dan "MIE PANGSIT". Selain itu, Kota Malang juga memiliki keunikan seperti "BAHASA KEBALIKAN" (contoh : 'mas' menjadi 'sam'), Malang juga memiliki 'dusun batik Celaket' dimana, di dusun ini setiap wisatawan dimanjakan dengan batik-batik khas dan juga fasilitas untuk mempelajari budaya.

Tidak ada salahnya kota Malang ini selalu dipadati pengunjung dari dalam negeri maupun luar negeri, mengingat begitu banyaknya hal menarik yang terdapat di kota kecil nan istimewa ini. Hampir setiap tahunnya Kota Malang mengadakan event untuk melestarikan budaya dan juga bangunan-bangunan khas sejarah tetap dipertahankan sedemikian rupa. "BEAUTIFUL MALANG"

Sumber, Info Lengkap : Kota Malang

No comments:

Post a Comment