Wednesday, September 2, 2015

HOSTING

Semakin berkembangnya Teknologi, diperlukan berbagai fasilitas untuk mempermudah akses. Saat ini, dengan semakin berkembangnya smartphone maupun gadget, sebagian besar masyarakat sudah sering memanfaatkan Hosting.



Hosting adalah jasa layanan internet yang menyediakan sumber daya server-server untuk disewakan sehingga memungkinkan organisasi atau individu menempatkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, EMAIL atau DNS. Server hosting terdiri dari gabungan server-server atau sebuah server yang terhubung dengan jaringan internet berkecepatan tinggi.

Biasanya penyedia Hosting (Hosting Provider) menyediakan banyak paket pilihan untuk penyewa/client, tentu saja pilihan paket itu sendiri disesuakian dengan kebutuhan si penyewa/client. Adapun kebutuhan sesuai penyewa/client itu contohnya dari quota space harddisk,quota bandwith,bahasa pemrograman,dan database.

Terdapat beberapa jenis webhosting, yaitu:

Share Hosting, merupakan sebuah layanan hosting, dimana pada satu server hosting terdapat beberapa account yang dapat menggunakannya secara bersamaan baik service dan resource. Pada jenis hosting ini, prilaku satu account hosting akan dapat mempengaruhi kepada account yang lain, terutama apabila account tersebut menggunakan resource terlalu besar yang mengakibatkan kinerja server terganggu atau melakukan pengiriman email massal yang berakibat ip server terblokir oleh anti spam.

VPS (Virtual Private Server), merupakan sebuah layanan hosting yang secara umum sama dengan jenis shared hosting, perbedaannya adalah pada pembagian resource per user/account sehingga tidak terjadi perebutah resource server.

Dedicated Server, adalah layanan hosting dengan menggunakan server secara keseluruhan, anda dapat menggunakan server tersebut untuk testing aplikasi, layanan web hosting, serta layanan digital lainnya

Tipe-Tipe hosting :

- Free Hosting
Hosting ini merupakan hosting yang disediakan secara gratis dan bisa digunakan oleh siapa saja. Proses registrasi dibutuhkan konfirmasi melalui email sehingga membutuhkan email aktif dan bisa dibuka untuk menggunakan hosting ini.

- Virtual (shared) Hosting
Dimana didalam satu server terdapat banyak hosting (salah satunya milik anda) dan terdapat banyak domain. Biasanya hosting yang satu ini yang paling banyak digunakan, biayanya juga lebih murah.

- Virtual Private Hosting
Menyewa server khusus untuk pribadi anda sendiri jadi seolah-olah anda mempunyai komputer server sendiri sama seperti Virtual Shared Hosting bedanya karena ini server anda sendiri untuk kapasitas harddisknya tidak terbatas dan bandwith yang anda gunakan juga tidak terbatas. Tidak memerlukan tenaga ahli khusus untuk merawatnya.

- Dedicated Hosting
Dedicated Hosting mempunyai harga yang mahal. Karena anda memiliki server sendiri dan dalam satu server tersebut hanya ada satu hosting dan domain milik anda. Anda memerlukan tenaga ahli untuk merawatnya

- Collocated Hosting
Collocated Hosting sama seperti memiliki server sendiri dikantor / rumah anda, tetapi pada Collocated Hosting servernya terletak diperusahaan hosting dan mereka yang merawatnya.

Dengan berlangganan account hosting pada penyedia hosting, Anda biasanya mendapatkan nama domain, sejumlah ruang disk yang bisa diisi dengan file-file Anda, alamat/account email. Sehingga Anda dapat membuat website dan berinteraksi dengan pengunjung website dan/atau staf Anda menggunakan website dan email.
Sumber : Hosting



Berikut Tips untuk memilih web Hosting yang tepat :
1. Pilih kehandalan dan uptime server penyedia web hosting
Pilihlah server perusahaan penyedia web hosting yang memiliki jaminan uptime yang baik. Tapi tidak di pungkiri bahwa semua penyedia hosting tidak ada yang memiliki jaminan uptime 100%. Tetapi setidaknya carilah perusahaan penyedia web hosting yang memiliki jaminan uptime minimal 99%. Dan jangan lupa juga periksa redudansi host, caranya tanyakan kepada operator peruhasaan penyedia web hosting itu sendiri, bagaimana cara mereka jika terjadi kesalahan atau kegagalan fungsi. Contohnya jika UPS generator mati ? simak apa jawaban mereka, apakah meragukan apa tidak ?
2. Mempunyai Backup Data
Backup data ini sangat penting sekali, jika di kemudian hari kita ingin berpindah hosting ke tempat lain yang jauh lebih cepat dan lancar. Dari pada itu pilihlah web hosting yang menyediakan layanan backup data untuk file kita sendiri. karna jika terjadi hal yang tidak diduga – duga, website kita bisa di kembalikan dengan mudah dengan cara di restored ulang. Cari tahulah ?,….
3. Fleksibilitas
Berkembang dan tumbuhnya suatu bisnis sumberdaya juga semakin meningkat, mengingat pentingnya memilih web hosting yang fleksibilitas tinggi memungkinkan si pengguna untuk dengan mudah melakukan upgrade sumber daya di kemudian hari, penambahan ruang penyimpanan, Memori RAM, Processor dan akun email dan lain sebagainya.
4. fitur yang di tawarkan
Perhatikan System operasi pada server yang digunakan menentukan jenis script apa saja yang bisa berjalan atau di jalakan di server penyedia layanan web hosting tersebut, apakah server linux atau windows. Server linux memang lebih murah dan setabil ketimbang menggunakan system windows. Tetapi jika membutuhkan host untuk scipt ASP maka tidak ada pilihan kita selain menggunakan hosting windows. Apapun system operasi yang di gunakan pastikan server tersebut memiliki fitur dasar di bawah ini :
FTP, SSH
PHP,Perl, CGI
Subdomain
Statistik dan Logs/ Front Page extensions dan email
5. Control panel site management tools mudah digunakan
Menurut saya, pilihlah hosting yang memiliki control panel mudah digunakan untuk mengelola akun web beserta email kita sendiri di dalam server hosting tersebut. jika ada mintalah demo untuk melihat panel control hosting itu sendiri. dengan adanya demo tersebut kita bisa mencobanya bagaimana merasakan control panel tesebut apakah mudah di gunakan atau tidak pada saat kita mengelola akun kita di server tersebut.
6. Dukungan pelanggan
Dukungan pelanggan ini sangat penting sekali dan harus kita perhatikan ketika memilih web hosting.  Tidak hanya itu kita harus juga memperhatikan dukungan layanan juga, hosting yang baik adalah memiliki tim dukungan teknisi yang handal yang siap membantu kita jika mengalami masalah. Tim teknisi tersebut mampu melayani 24/7. Karna server dan jaringan harus di pantau setiap saat. Dukungan pelanggan tersebut bisa melalui email, live chat dan juga telepon.
7. Harga yang ditawarkan penyedia jasa web hosting
Perhatikan dan cermati harga yang di tawarkan oleh pihak jasa penyedia hosting tersebut, harga yang mana mau anda pilih ? mahal atau yang murah ? tergantung pilihan anda sendiri, namun perlu anda ingat bahwa mahal belum tentu paling baik dan juga bagus ke seluruhannya. Dan jangan mudah percaya penyedia hosting yang menawarkan spece dan bandwidth yang besar dengan harga yang terlalu murah. Saran saya pilihlah web hosting yang mengikuti standar harga perhostingan secara umum.
Sumber : Tips Hosting

No comments:

Post a Comment